Peluang Penjualan Game Nokia OVI STORE

Ovi-Store

                   Game Urban Fatburner merupakan game dari Agate di Nokia yang telah mencapai 100.000 download dalam waktu yang sangat singkat, yaitu hanya dalam jangka waktu 3,5 bulan saja. Yang menarik lagi adalah apa yang terjadi jika game ini tidak gratis melainkan dijual seharga Rp 5.000 ? Kalikan saja 100.000 dengan Rp 5.000 hasilnya Rp 500.000.000, sebuah angka yang cukup besar untuk usaha yang dapat dibilang sederhana.

 9

                 Mungkin benar, apabila game ini tidak gratis, maka jumlah pendownload tidak akan sebesar itu, tapi dengan kualitas game yang cuku baik pasti akan tetap ada yang membeli. Dan menurut statistik Ovi Store oleh Nokia, game merupakan jenis aplikasi yang paling sering didownload secara berbayar dan dan paling banyak peminatnya.

 

Sistem pembayaran di Nokia Ovi Store pun terbilang cukup mudah. Di Indonesia, khusus untuk pengguna Telkomsel hanya dengan memotong sedikit pulsa telah dapat melakukan pembelian berbagai aplikasi yang diinginkan melalui browser engine ovi store yang telah ada pada setiap mobile nokia. Selain itu, pembayaran dengan pulsa dikira lebih mudah dan efektif mengingat penggunaan kartu kredit di Indonesia masih terbiang minim. Sayangnya, hanya satu operator yang mendukung fasilitas Ovi Store. Ditambah lagi prersentase pengguna Nokia di Indonesia terbilang cukup mendominasi dan di beberapa bagian di dunia. Dengan dukungan jumlah pengguna yang banyak dan sistem pembelian aplikasi yang mudah, menjual aplikasi di Ovi Store terutama untuk aplikasi games, sangatlah berpotensi besar.

Yang masih menjadi hambatan untuk mengoptimalkan potensi yang ada ini adalah masih ada orang-orang yang mempunyai mindset ingin semua aplikasi itu gratis. Yang ironisnya adalah kadang orang-orang yang mampu membeli handphone mahal malah enggan membeli aplikasi yang harganya tidak seberapa dan bahkan lebih senang mencari versi “crack”-annya. Persoalan klasik ini sering terjadi di daerah Asia dan Afrika dimana pembajakan masih merajalela.

 

Diluar soal mindset gratisan dan pembajakan, menjual aplikasi games di Nokia Ovi Store masih mempunyai potensi. Dan walaupun market share Nokia terus turun Nokia masih berpotensi setidaknya untuk beberapa tahun kedepan namun tergantung juga dengan perubahan ada di masa depan nanti.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s