Tas Goib, Google Drive

Hai para sobat canggih…

Mungkin sobat-sobat pernah mengalami saat pengumpulan file tugas tapi filenya ketinggalan atau hilang saat install ulang atau malah dimakan tikus ? hehehe…

Pada postingan kali ini, saya akan berbagi sedikit tutorial yang mungkin menjawab masalah sobat semua…

Mungkin sebagian sobat berfikir bahwa sebuah file atau dokumen akan selamanya aman kalau disimpan pada komputer selagi tidak dihapus… dan jawabannya alah salah. Tidak selamanya file yang disimpan didalam harddisk internal laptop, harddisk eksternal, flashdisk, micro sd dkk akan akan aman karena kita manusia tidak selalu luput dari kesalahan ( Human Eror ) hehehe… Hilangnya file ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti ter-format, hardware yang rusak, terjangkit virus atau hardwarenya hilang. Jadi untuk mengantisipasinya kita memerlukan tempat penyimpanan cadangan yang tidak dapat tersentuh oleh tangan manusia…. And what is that ?

Ini lah dari sekian banyak penyimpanan online Google Drive.. yeeeee…

 

Google-Drive

 

Google Drive adalah salah satu tempat penyimpanan online ( atau bahasa kerennya “cloud” )yang menyediakan 15Gb bagi setiap pengguna untuk menyimpan berbagai jenis file mulai dari film hingga dokumen ms.word yang penting dan diperlukan sewaktu-waktu secara gratis. Dengan adanya Google Drive kita tidak perlu repot-repot membawa file tersebut atau takut kehilangan file tesebut. ( note : jika account Google Drive sudah lama tidak digunakan atau terhapus maka file akan hilang sobat, jadi sesekali harus cek barang yang dititipkan ya… )

Selain itu, Google Drive juga menyediakan fasilitas-fasilitas sebagai berikut :

1. Google Drive memberikan ruang (space) gratis sebanyak 15 GB. Kalau kurang Anda dapat meng-upgrade menjadi 25 GB dengan membayar $2.49 per bulan atau $30 (sekitar Rp280 ribu) per tahun.

2. Membuat dokumen baru, spreadsheet, dan presentasi secara instan. Dapat mengedit suatu dokumen dengan kolega bersama-sama pada waktu yang sama. Ini salah satu kelebihan Google Drive jika dibandingkan dengan situs berbagi pakai.

3. Gmail attachment (sisipan) tidak perlu lagi. Link dari Google Drive dapat dikirim ke Gmail untuk dijadikan attachment secara otomatis.

4. Video dan Foto yang tersimpan di Google Drive akan otomatis tersedia di Google Plus.

5. Mesin pencari khusus tersedia di Google Drive untuk mencari berkas yang ada. Dilengkapi dengan opsi pencarian berbasis ekstensi (jenis) file, bukan hanya nama berkasnya saja.

6. Dapat membuka semua format file, termasuk Adobe HD Video, Photoshop, dll walaupun Anda belum menginstal software tersebut di komputer.

7. Dapat berbagai file (berkas) dengan menggunakan berbagai aplikasi. Jadi, fitur ini fungsinya sama dengan situs berbagi pakain lain.

8. Simpan otomatis. Begitu Anda membuat perubahan di salah satu file di Google Drive, ia akan tersimpan secara otomatis.

(sumber : http://caramembuatgoogledrive.blogspot.com/)

Untuk mendapat tempat penyimpanan kita harus mempunyai akun( account ), dimana akun ini berfungsi sebagai tanda bukti atau tanda pengenal bagi sobat untuk Log in. Dan untuk mendapat akun tersebut sobat membutuhkan :

 

1.Buka website (http://drive.google.com)
2.Lalu , ,coba kita pilih / klik icon kotak berwarna biru, yang di dalam icon/kotak tersebut ada tulisan “Mulai dengan 15 GB, gratis “
3.Dan perlu di ingat (kita bisa menggunakan akses google Drive jika, kita mempunya Account google, Seperti  Gmail / google mail . apabila belum mempunyai account Gmail. Maka kita harus mendaftarkan nya. Terlebih dahulu ).
4.Next. Jika sudah mempunyai Account Google, mari kita. Coba !!
5.klik icon kotak berwarna biru, yang di dalam icon/kotak tersebut ada tulisan “Mulai dengan 15 GB, gratis “
 Tunggu proses. Selanjutnya  Klik icon / Tombol berwarna Biru yang bertuliskan “Pasang Google Drive Untuk Pc”  (karena saya, membuat’nya di Pc jadi tulisan di dalam kotah tersebut menjadi “Pasang Google Drive Untuk Pc”  .
6.Selanjutnya setelah proses No 5, dilakukan  maka, dalam halaman Browser kita akan membuka Tab / Jendela baru,  Lalu kita akan di tampilkan sebuah Pemberitahuan,
7.Lalu kita pilih / Klik tombol berwarna biru “Setuju, lalu Instal”
8.Lalu kita harus menunggu, karena pada saat proses ini, User / Pengguna diminta untuk, menunggu sampai proses download. Selesai
9.Setelah itu akan muncul pemberitahuan. Bahwa proses Download selesai.  Pada proses ini akan otomatis, setelah program di download,instalasi Google Drive’pun, juga selesai.
10.Selanjutnya. Kita akan di suruh, masuk ke dalam , Google Drive, nengan me’Login dengan Acount Google Mail kita.
11.Selanjutnya, lihat gambar . Yang harus kita lakukan, Klik tombol Next lalu tunggu proses selanjutnya.
12.Setelah pada proses yang di atas, kita akan di tampilkan lagi gambar, seperti yang di atas.
13.Berikutnya, kita harus. Segera meng aktifasinya. Dengan me’nge Klik. Tombol / Icon “Start sync” (yang berarti memulai penyingkronisasi pada Acount google Drive ).
(sumber : cara membuat akun di google drive http://desifitrianii.blogspot.com/)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s